Tanda-Tanda I’rob Dan Penjelasnya

i''

بَابُ عَلاَمَاتِ ٱلْإِعْرَابِ

BAB TANDA-TANDA I’RAB

 بَابُ عَلاَماَتِ ٱلرَّفْعِ

BAB TANDA-TANDA I’RAB RAFA’ 

 

لِلرَّفْعِ أَرْبَعُ عَلاَمَاتٍ : ٱلضَّمَّةُ، وَٱلْوَاوُ، وَٱلْأَلِفُ، وَٱلنُّوْنِ. Artinya: Tanda i’rab rafa’ ada Empat: (1) dhammah, (2) wawu, (3) alif, dan (4) nun.

Keterangan

Tanda i’rab rafa’ ada empat:

1. Dhammah Contoh: جَاءَ زَيْدٌ :Zaid telah datang
2. Wawu Contoh: جَاءَ الزَّيْدُوْنَ : Beberapa zaid telah datang
3. Alif Contoh: جَاءَ الزَّيْدَانِ : kedua zaid telah datang
4. Nun Contoh: يَضْرِبَانِ : Mereka berdua akan memukul

 

فَأَمَّا ٱلضَّمَّةُ: فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلرَّفْعِ فِيْ أَرْبَعَةِ مَوَاضِعَ: فِي ٱلْاِسْمِ ٱلْمُفْرَدِ، وَجَمْعِ ٱلتَّكْسِيْرِ، وَجَمْعِ ٱلْمُؤَنَّثِ ٱلسَّالِمِ، وَٱلْفِعْلِ ٱلْمُضَارِعِ ٱلَّذِيْ لَمْ يَتَّصِلْ بِآخِرِهِ شَيْءٌ. Artinya: Dhammah menjadi tanda i’rab rafa’ dalam empat tempat: (1) isim mufrad, (2) jamak taktsir, (3) jamak mu’annas salim, dan (4) fi’il mudhari’ yang akhirnya bertemu dengan sesuatu.

Keterangan

Dhammah menjadi tanda i’rab rafa’ dalam empat tempat:

1. Isim mufrad[1] Contoh: جَاءَ زَيْدٌ :Zaid telah datang
2. Jamak taksir[2] Contoh: جَاءَ الرِّجَالُ : Beberapa laki-laki telah datang
3. Jamak mu’annas salim[3] Contoh: جَائَتِ الَمْسْلَمْاتُ : Beberapa muslimah telah dadang
4. Fi’il mudhari’ yang akhirnya tidak betemu dengan sesuatu[4]
    Contoh: يَضْرِبُ : Dia akan memukul

 

وَأَمَّا ٱلوَاوُ: فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلرَّفْعِ فِيْ مَوْضِعَيْنِ: فِيْ جَمْعِ ٱلْمُذَكَّرِ ٱلسَّالِمِ، وَفِي ٱلْأَسْمَاءِ ٱلْخَمْسَةِ، وَهِيَ خَمْسَةٌ: أَبُوْكَ، وَأَخُوْكَ، وَحَمُوْكَ، وَفُوْكَ، وَذُوْمَالٍ . Artinya: Wawu menjadi tanda i’rab rafa’ dalam dua tempat: (1) jamak mudzakar salim, (2) asmaul khamsah. Asmaul khamsah ada lima yaitu: (1) أبوك (2) أخوك (3) حموك (4) فوك dan (5) ذومال.

Keterangan

Wawu menjadi tanda i’rab rafa’ pada dua tempat:

1.    Jamak mudzakar salim[5] Contoh: جَاءَ الزَّيْدُوْنَ : Beberapa Zaid telah datang
2.    Asmaul khomsah[6] Contoh: جَاءَ أَبُوْكَ : Bapakmu telah datang
    جَاءَ أَخُوْكَ : Saudaramu telang datang
    جَاءَ حَمُوْكَ : Pamanmu telah datang
    فُوْكَ حَسَنٌ : lisanmu bagus
    جَاءَ ذومال : Hartawan telah datang

 

وَأَمَّا ٱلْأَلِفُ: فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلرَّفْعِ فِيْ تَثْنِيَةِ ٱلْأَسْمَاءِ خَاصَّةً. Artinya: Alif menjadi tanda i’rab rafa’ khusus pada isim tasniya, seperti contoh:  جَاءَ الزَّيْدَانِ.

Keterangan

Isim tasniya ialah lafadh yang mermpunyai arti dua (tasniya), dengan mernambah alif dan nun di akhir ketika rafa’, dan menambah ya’ dan nun di akhir ketika nashab dan jar.

 

وَأَمَّا ٱلْنُّوْنُ: فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلرَّفْعِ فِيْ ٱلْفِعْلِ ٱلْمُضَارِعِ إِذَا ٱتَّصَلَ بِهِ ضَمِيْرُ تَثْنِيَةٍ، أَوْ ضَمِيْرُ جَمْعٍ، أَوْ ضَمِيْرُ ٱلْمُؤَنَّثَةِ ٱلْمُخَاطَبَةِ. Artinya : Nun menjadi tanda i’rab rafa’ dalam fi’il ketika bertemu dengan dhamir tasniya, dhamir jamak, dan dhamir muannas mukhathabah

Keterangan

Af’alul khamsah ialah setiap fi’ilmudhari’ yang bertemu dengan alif, wawu jamak, dan ya’ mufrad mu’annas mukhathabah seperti:

يَضْرِبَانِ : Mereka berdua akan memukul تَضْرِبَانِ : Kalian berdua akan memukul
يَضْرِبُوْنَ : Mereka akan memukul تَضْرِبُوْنَ : Kalian akan memukul
تَضْرِبِيْنَ : Dia (pr) akan memukul      

 

 

بَابُ عَلاَماَتِ ٱلنَّصْبِ

{ BAB TANDA-TANDA I’RAB NASHAB} 

وَلِلنَّصْبِ خَمْسُ عَلاَمَاتٍ: ٱلْفَتْحَةُ، وَٱلْأَلِفُ، وَٱلْكَسْرَةُ، وَٱليَاءُ، وَحَذْفُ ٱلنُّوْنُ. Artinya: Tanda i’rab nashab ada lima: (1) fathah, (2) alif,  (3) kasrah, (4) ya’, (5) membuang nun.

Keterangan

Tanda i’rab nashab ada lima:

1. Fathah Contoh: رَأَيْتُ زَيْدًا : Saya melihat Zaid
2. Alif Contoh: رَأَيْتُ أَبَاكَ : Saya melihat bapakmu
3. Kasrah Contoh: رَأَيْتُ الَمْسْلَمْاتِ : Saya melihat beberapa muslimah
4. Ya’ Contoh: رَأَيْتُ الزَّيْدَيْنِ : Saya melihat dua Zaid
5. Membuang nun Contoh: لَنْ يَضْرِبَا : Mereka berdua tidak akan memukul

 

فَأَمَّا ٱلْفَتْحَةُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلنَّصْبِ فِيْ ثَلاَثَةِ مَوَاضِعَ: فِي ٱلْاِسْمِ ٱلْمُفْرَدِ، وَجَمْعِ ٱلتَّكْسِيْرِ، وَجَمْعِ ٱلْمُؤَنَّثِ ٱلسَّالِمِ، وَٱلْفِعْلِ ٱلْمُضَارِعِ ٱلَّذِيْ لَمْ يَتَّصِلْ بِآخِرِهِ شَيْءٌ. Artinya: Fathah menjadi tanda i’rab nashab dalam tiga tempat: (1) isim mufrad, (2) jamak taksir, (3) fi’il mudhari’ yang akhirnnya tidak bertemu dengan sesuatu.

Keterangan

Fathah menjadi tanda i’rab nashab pada tiga empat:

1. Isim mufrad Contoh: رَأَيْتُ زَيْدًا : Saya melihat Zaid
2. Jamak taksir Contoh: رَأَيْتُ الرِّجَالَ : Saya melihat beberapa laki-laki
3. Fi’il mudhari’ yang akhirnya bertemu dengan sesuatu
   Contoh: لَنْ يَضْرِبَ : Dia tidak akan memukul

 

وَأَمَّا ٱلْأَلِفُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلنَّصْبِ فِيْ ٱلْأَسْمَاءِ ٱلْخَمْسَةِ نَحْوُ رَأَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاكَ، وَمَا أَشْبَهَ ذَلِكَ. Artinya: Alif menjadi tanda i’rab  nashab dalam asmaul khamsah seperti:

رَأَيْتُ أبَاكَ، أَخَاكَ، حَمَاكَ، فَاكَ، ذَا مَالٍ.

وَأَمَّا ٱلْكَسْرَةُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلنَّصْبِ فِيْ جَمْعِ ٱلْمُؤَنَّثِ ٱلسَّالِمِ. Artinya: Kasrah menjadi tanda i’rab nashab dalam jamak muannas salim seperti:

رَأَيْتُ الْمُسْلِمَاتِ.

وَأَمَّا ٱلْيَاءُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلنَّصْبِ فِيْ ٱلتَّثْنِيَةِ وَٱلْجَمْعِ. Artinya: Ya’ menjadi tanda i’rab nashab dalam isim tasniya dan jamak.

Keterangan

Ya’ men jadi tanda i’rab  nashab pada dua tempat:

1. Isim tasniya Contoh: رَأَيْتُ الزَّيْدَيْنِ : Saya melihat dua Zaid
2. Jamak mudzakar salim Contoh: رَأَيْتُ الزَّيْدِيْنَ : Saya melihat beberapa Zaid

 

وَأَمَّا حَذْفُ ٱلنُّوْنِ فَيَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلنَّصْبِ فِيْ ٱلأَفْعَالِ ٱلْخَمْسَةِ ٱلَّتِيْ رَفْعُهَا بِثَبَاتِ ٱلنُّوْنِ. Artinya: Membuang nun menjadi tanda i’rab nashab dalam af’’alul khamsah yang ketika rafa’nya dengan nun, seperti:

لن يضربا، لن يضربوا، لن تضربي.

 

 

بَابُ عَلاَماَتِ ٱلْخَفْضِ

BAB TANDA-TANDA I’RAB JAR

 

وَلِلْخَفْضِ ثَلاَثُ عَلاَمَاتٍ: ٱلْكَسْرَةُ، وَٱلْيَاءُ، وَٱلْفَتْحَةُ. Artinya : Tanda i’rab jar ada tiga: (1) kasrah, (2) ya’, dan (3) fatha.

Keterangan

Tanda i’rab jar ada tiga:

1. Kasrah Contoh: مَرَرْتُ بِزَيْدٍ : Saya bertemu dengan Zaid
2. Ya’ Contoh: مَرَرْتُ بِالزَّيْدَيْنِ : Saya bertemu dengan dua Zaid
3. Fathah Contoh: مَرَرْتُ بِأَحْمَدَ : Saya bertemu dengan Ahmad

 

فَأَمَّا ٱلْكَسْرَةُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلْخَفْضِ فِيْ ثَلاَثَةِ مَوَاضِعَ: فِيْ ٱلْاِسْمِ ٱلْمُفْرَدِ ٱلْمُنْصَرِفِ، وَجَمْعِ ٱلتَّكْسِيْرِ ٱلْمُنْصَرِفِ، وَجَمْعِ ٱلْمُؤَنَّثِ ٱلسَّالِمِ. Artinya: Kasrah menjadi tanda i’rab jar pada tiga tempat: (1) isim yang munsharif, (2) jamak yang mensharif, (3) jamak muannas salim.

Keterangan

Kasrah menjadi tanda i’rab  jar dalam tiga tempat:

1. Isim mufrad yang munsharif Contoh: مَرَرْتُ بِزَيْدٍ : Saya bertemu dengan Zaid
2. Jamak taksir yang munsharif Contoh: مَرَرْتُ بِرِجَالٍ
: Saya bertemu dengan beberapa laki – laki
3. Jamak muannas salim Contoh: مَرَرْتُ بِالْمُسْلِمَاتِ
    : Saya bertemu dengan beberapa muslimah

Yang dimaksud munsharif ialah lafadh yang bisa menerima tanwin

 

وَأَمَّا ٱلْيَاءُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلْخَفْضِ فِيْ ثَلاَثَةِ مَوَاضِعَ: فِيْ ٱلْأَسْمَاءِ ٱلْخَمْسَةِ، وَٱلتَّثْنِيَةِ، وَٱلْجَمْعِ. Artinya: Ya’ menjadi tanda i’rab jar pada tiga tempat: (1) asmaul khamsah, (2) isim tasniya, dan (3) jamak mudzakar salim.

Keterangan

Ya’ menjadi tanda i’rab  jar dalam tiga tempat:

1. Asmaul khamsah Contoh: مَرَرْتُ بِأَبِيْكَ : Saya bertemu dengan bapakmu
2. Isim tasniya Contoh: مَرَرْتُ بِالزَّيْدَيْنِ : Saya bertemu dengan dua Zaid
3. Jamak mudzakar salim Contoh: مَرَرْتُ بِالزَّيْدِيْنَ : Saya bertemu dengan beberapa Zaid

 

وَأَمَّا ٱلْفَتْحَةُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلْخَفْضِ فِيْ ٱلْاِسْمِ ٱلَّذِيْ لاَ يَنْصَرِفُ . Artinya: Fathah menjadi tanda i’rab jar dalam ghairu munsharif, seperti:مَرَرْتُ بِأَحْمَدَ.

Keterangan

Yang dinamakan isim ghairu munsharif ialah isim yang tidak bisa menerima tanwin karena mempunyai keserupaan pada fi’il di dua hal, pertama kembali lafadh-nya dan kedua kembali pada maknanya atau sama-sama mempunyai satu illat yang kadarnya sama dengan dua illat.

Illatisim ghairu munsharif ada sembilan:

  1. Sighat muntahal jumu’ 6. Tarqib mazji
  2. Wazan fi’il 7. Ziyadah alif dan nun
  3. Udul 8. ‘Ajami
  4. Ta’nis 9. Shifah
  5. ‘Alami

Sembilan illat di atas terkumpul dalam bait berikut ini:

اِجْمَعْ وَزِنْ عَادِلًا أَنِّثْ بِمَعْرِفَةٍ *رَكِّبْ وَزِدْ عُجْمَةً فَالْوَصْفُ قَدْ كَمُلَا

Selanjutnya, illat isim ghairu munsharif terbagi menjadi dua bagian:

  1. Mempunyai dual illat, dan dibagi dua bagian:
  2. bersamaan dengan ‘alami, dan ada enam:
1.    ‘Udul Contoh: مَرَرْتُ بِعُمَرَ : Saya bertemu dengan Umar
2.    Ziyadahalif dan nun Contoh: مَرَرْتُ بِعُثْمَانَ : Saya bertemu dengan Utsman
3.    Wazanfi’il Contoh: مَرَرْتُ بِأَحْمَدَ : Saya bertemu dengan Ahmad
4.    Tarqibmazji Contoh: سَكَنْتُ فِيْ حَضْرَ مَوْتَ : Saya tinggal di Negara Hadramaut
5.    ‘Ajami Contoh: مَرَرْتُ بِإِبْرَاهِيْمَ : Saya bertemu dengan Ibrahim
6.    Ta’nis Contoh: مَرَرْتُ بِفَاطِمَةَ : Saya bertemu dengan Fatimah
  1. bersamaan dengan shifah, dan ada tiga:
1.    ‘Udul Contoh: صَلَّيْتُ فِيْ سَحَرَ : Saya shalat pada waktu sahur
2.    Ziyadahalif dan nun Contoh: مَرَرْتُ بِسَكْرَانَ : Saya bertemu dengan orang yang mabuk
3.    Wazanfi’il Contoh: مَرَرْتُ بِأَحْمَرَ : Saya bertemu dengan yang merah
  1. Mempunyai satu illat, dan tiga:
a.    Sighat muntahal jumu’    
   Contoh: مَرَرْتُ بِمَسَاجِدَ : Saya bertemu dengan beberapa masjid  
b.    Alif ta’nis:      
  Ø  Mamdudah Contoh: مَرَرْتُ بِحَمْرَاءَ : Saya bertemu dengan benda yang merah
  Ø  Maqshurah Contoh: مَرَرْتُ بِحُبْلَى : Saya bertemu dengan perempuan hamil

 

بَابُ عَلاَماَتِ ٱلْجَزْمِ

BAB TANDA-TANDA I’RAB JAZM 

وَلِلْجَزْمِ عَلاَمَتَانِ: ٱلسُّكُوْنُ وَٱلْحَذْفُ. Artinya: Tanda i’rab jazm ada dua: (1) sukun, dan (2)  pembuangan.

Keterangan

Ya’ menjadi tanda i’rab jazmpada tiga tempat:

1.    Sukun Contoh: لَمْ يَضْرِبْ : Dia tidak memukul
2.    Pembuangan (hadzfu) Contoh: لَمْ يَضْرِبَا :  Mereka berdua tidak memukul
    لَمْ يَدْعُ : Dia tidak mengajak

 

فَأَمَّا ٱلسُّكُوْنُ فَيَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلْجَزْمِ فِي ٱلْفِعْلِ ٱلْمُضَارِعِ ٱلصَّحِيْحِ ٱلْآخِرِ. Artinya: Sukun menjadi tanda i’rab jazm dalam fi’il mudhari’ yang shahih akhir seperti:

لَمْ يَضْرِبْ

Keterangan

Fi’il mudhari’ shahih akhir ialah setiap fi’il mudhari’ yang akhirnya tidak terdiri dari salah satu huruf illat yang tiga (wawu, alif, dan ya’).[7]

 

وَأَمَّا ٱلْحَذْفُ فَيَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلْجَزْمِ فِي ٱلْفِعْلِ ٱلْمُضَارِعِ ٱلْمُعْتَلُّ ٱلْآخِرِ، وَفِي ٱلْأَفْعَالِ ٱلَّتِيْ رَفْعُهَا بِثَبَاتِ ٱلنُّوْنِ. Artinya: Pembuangan menjadi tanda i’rab jazmpada dua tempat: (1) fi’il mudhari’ yang mu’tal akhir dan (2) af’’alul khamsah yang rafa’nya dengan nun.

Keterangan

Fi’il mudhari’ mu’tal akhir ialah setiap fi’il mudhari’ yang akhirnya terdiri dari salah satu huruf illat yang tiga.

Fi’il mudhari’ mu’tal akhir tanda i’rab jazm-nya yaitu denganmembuang huruf illat.

Contoh: لَمْ يَدْعُ : Dia tidak mengajak Membuang hurtuf wawu.
  لَمْ يَرْضَ : Dia tidak rela Membuang huruf alif
  لَمْ يَرْمِ : Dia tidak melempartkan Membuang hurtuf ya’

 

Af’alul khamsah tanda i’rab jazm-nya yaitu dengan membuang huruf nun yang menjadi tanda rafa’-nya.

Contoh: لَمْ يَضْرِبَا : Meraka berdua tidak memukul
  لَمْ يَضْرِبُوْا : Mereka tidak memukul
  لَمْ تَضْرِبِيْ : Dia (pr) tidak memukul

 

[1]Isim mufrad ialah isim yang bermakna tunggal (mufrad), bukan isim tasniya, bukan jamak, bukan yang mulhaq pada tasniya dan jamak dan bukan pula asmaul khamsah.

[2]Jamak taksir ialah jamak yang berubah dari bentuk mufrad-nya.

[3]Jamak mu’annas salim ialah lafadh yang dijamak dengan menambah alif dan ta’ pada akhirnya.

[4] Sesuatu (syai’un) yaitu ada enam: 1) Alif tasniyah, 2) Wawu jamak, 3) Ya’mufrad mu’annah mukhathabah, 4) Nun taukid tsaqilah, 5) Nun taukid khafifah, dan 6) Nun jamak niswah

[5]Jamak mudzakar salim ialah lafadh yang menunjukkan arti banyak (jamak), dengan menambah wawu dan nun di akhir ketika rafa’, dan menambah ya’ dan nun di akhirn ketika nashab dan jar

[6]Asmaul khamsah ialah lafadh yang apabila  rafa’ dengan wawu, nashab dengan alif, dan  jar dengar ya’

[7] Huruf illat ada tiga; wawu (يدعو: dia akan memumukul), alif (يرضى: dia akan rela), dan ya’ (يرمي: dia akan melemparkan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sinema izle