Bersodaqohlah Jika Ingin dido’akan Malaikat Karena Do’anya diijabah.

Mencari-rezeki-congkop.com

Congkop.com. Sodakoh merupakan perbuatan yang mulia. Dan, perilaku mulia ini akan bernilai lebih di mata Allah SWT jika dilakukan di bulan Ramadhan. Bahkan, malaikat pun ikut mendoakan orang yang memberi makanan atau minuman kepada orang yang berbuka puasa.

Sodakoh berarti memberikan sebagian dari harta yang kita miliki kepada orang lain yang membutuhkannya. Jika kita mampu bersedekah pada orang lain, tentu kita pun akan mendapatkan reward dari Allah SWT. Tetapi, reward tersebut tidak akan kita dapatkan jika kita tidak melakukannya dengan ikhlas. Maka, Sodakohlah dengan penuh keikhlasan.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Sedekah yang paling utama ialah sedekah di bulan Ramadhan,” (Diriwayatkan At-Tirmidzi. Hadis ini dhaif).

Sodakoh di bulan Ramadhan merupakan hal utama. Maka, selagi kita mampu untuk memberi pada orang lain, maka lakukanlah. Selagi Allah SWT pun memberi kesempatan kepada kita merasakan bulan penuh berkah, maka sedekahlah. Sebab, selain kita dapat membuat orang lain merasa bahagia, kita pun akan berbahagia. 

Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa memberi makanan untuk berbuka puasa kepada orang yang berpuasa, ia berhak atas pahalanya tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa,” (Diriwayatkan Ahmad dan At-Tirmidzi. Hadis ini shahih).

ss

Selain limpahan pahala, kita juga akan didoakan oleh malaikat! Tentu kita menginginkannya bukan? Ya, jadi tunggu apalagi, sedekahlah di bulan Ramadhan. Maka, insya Allah, malaikat akan mendoakan kebaikan bagi Anda. Meski bulan ramadhan telah lewat tak masalah bersedekah di bulan yang lainnya.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa memberi makanan atau minuman untuk berbuka puasa kepada orang yang berpuasa dari harta yang halal, maka para malaikat mendoakannya di jam-jam bulan Ramadhan dan Jibril juga mendoakannya di malam lailatul qadar,” (Diriwyatkan Ath-Thabrani dan Abu Asy-Syaikh).

Rasulullah ﷺ adalah orang yang paling dermawan, dan beliau sangat dermawan di bulan Ramadhan ketika dikunjungi malaikat Jibril. (Diriwayatkan Al-Bukhari)

sumber:islampos.com 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *